Dampak pandemi COVID-19, MyBelanjaMU bantu membangkitkan perekonomian UMKM

 


Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada berbagai tatanan kehidupan, terutama pada sektor ekonomi di sebagian besar negara di dunia. Perekonomian Indonesia juga mengalami dampak signifikan, berbagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ikut merasakan kesulitan akibat pandemi COVID-19. Sektor UMKM ini memerlukan perhatian khusus, mengingat kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional cukup besar.

Dengan adanya pembatasan sosial, dan protocol kesehatan yang diterapkan, UMKM mengalami penurunan omset yang signifikan, berkurangnya permintaan atas barang atau jasa, bahkan tidak banyak pelaku UMKM yang harus tutup atau berhenti berproduksi. Akibatnya, masyarakat kehilangan pendapatan, disebabkan UMKM tidak mampu menggaji para karyawan, bahkan beberapa pekerja kehilangan pekerjaannya atau di PHK bahkan dirumahkan sementara di masa pandemi.

Untuk membangkitkan perekonomian UMKM, strategi pemasaran harus diubah, karena Pandemi mengubah banyak hal, termasuk cara berbisnis. Agar bisa bertahan, bisnis pun perlu beradaptasi dan mengubah strategi. Salah satunya dengan beralih penjualan dari penjualan secara tradisional atau interaksi langsung beralih menjadi toko online. Salah satu toko online yang bisa digunakan untuk berjualan via online yaitu MyBelanjaMU.

MyBelanjaMU merupakan digital marketing partner dari perusahaan yang bergerak di industri digital yang bernama CreativeMu. MyBelanjaMU bergerak untuk menjadi wadah bagi UMKM/IKM agar bisa mengembangkan bisnis lebih luas secara online. MyBelanjaMu didirikan dengan dasar ingin memperkenalkan produk UMKM maupun IKM pada khalayak umum agar masyarakat terbiasa untuk mengonsumsi produk-produk lokal setempat. Dengan adanya MyBelanjaMU diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengatasi perubahan cara berbisnis terutama di masa pandemi yang tidak tahu kapan akan berakhir.