Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada berbagai
tatanan kehidupan, terutama pada sektor ekonomi di sebagian besar negara di
dunia. Perekonomian Indonesia juga mengalami dampak
signifikan, berbagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ikut merasakan
kesulitan akibat pandemi COVID-19. Sektor UMKM ini memerlukan perhatian khusus,
mengingat kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional cukup besar.
Dengan adanya pembatasan sosial, dan protocol
kesehatan yang diterapkan, UMKM mengalami penurunan omset yang signifikan,
berkurangnya permintaan atas barang atau jasa, bahkan tidak banyak pelaku UMKM
yang harus tutup atau berhenti berproduksi. Akibatnya, masyarakat kehilangan
pendapatan, disebabkan UMKM tidak mampu menggaji para karyawan, bahkan beberapa
pekerja kehilangan pekerjaannya atau di PHK bahkan dirumahkan sementara di masa
pandemi.
Untuk membangkitkan perekonomian UMKM, strategi pemasaran harus diubah, karena Pandemi
mengubah banyak hal, termasuk cara berbisnis. Agar bisa bertahan, bisnis pun
perlu beradaptasi dan mengubah strategi. Salah satunya dengan beralih penjualan
dari penjualan secara tradisional atau interaksi langsung beralih menjadi toko
online. Salah satu toko online yang bisa digunakan untuk berjualan via online
yaitu MyBelanjaMU.
MyBelanjaMU
merupakan digital marketing
partner
dari perusahaan yang bergerak di industri digital yang bernama CreativeMu. MyBelanjaMU bergerak untuk menjadi wadah bagi UMKM/IKM agar bisa
mengembangkan bisnis lebih luas secara online. MyBelanjaMu didirikan dengan
dasar ingin memperkenalkan produk UMKM maupun IKM pada khalayak umum agar
masyarakat terbiasa untuk mengonsumsi produk-produk lokal setempat. Dengan
adanya MyBelanjaMU diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengatasi perubahan
cara berbisnis terutama di masa pandemi yang tidak tahu kapan akan berakhir.